Friday, February 03, 2006

Nasehat dari dia.... tentang mengenal diri

Aku harus bisa bersahabat dengan dia. Walau terkadang hati kecilku ingin memiliki tempat bersandar untuk membagi cinta maupun cita2ku. Apalagi dia seorang akhwat yg baik, setidaknya aku dan dia dapat saling mencintai karena Allah.

Sewaktu aku membaca buku ESQ maka aku dapati kutipan sebuah hadist :
"Siapa yg mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya"
Mmhh.. artinya apa yah? Mengenal diri.. kok bisa kenalan kan biasanya sama orang lain :)
Daripada pusing .. lebih baik aku menanyakan hal ini pada nissa.

Wah udah malem.. tapi kirim aja deh smsnya :
"Ass Wr Wb. Apa kabar Nissa? Nissa tau nggak arti dari sebuah hadist 'Siapa yg mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya' ? Terima kasih ya.. Wass Wr Wb"

Pagi harinya aku menerima telepon.. wah ternyata ini dari si Kumis .. dia mau nitip nih.. untuk ngasih lamaran ke HRD. Wah dia habis dari luar negeri heheheh.. hebat udah bisa lihat Hongkong.. padahal dia kan dari Gombong... :)

Beberapa saat kemudian datangnlah sebuah sms. HPku berbunyi beberapa kali nampaknya isinya... panjang... . Duh kayaknya harus ngapus inbux nehhh.. wah aku punya kebiasaan nyimpan sms dari orang yg spesial :) yahh sayang kan kalo dihapus ini kan sumber motivasi dan inspirasiku...

Setelah mengosongkan space akhirnya lengkap sudah sms yg aku terima. Isinya adalah sebagai berikut :

"WsW. Afwan semalam dah tidur. Alhamdulillah kabar baik. Ya pernah dengar. Setau nissa jika manusia mengenal dirinya, ia akan tahu siapa dirinya. Siapa yg menciptakannya (yaitu Allah) sehingga tahu bagaimana kedudukannya dan tujuan penciptaannya, sehingga tahu apa tujuan hidup-Nya.

Dengan mengenal diri maka manusia akan mengetahui akan kekurangannya dan juga jadi tau bahwa sebagai ciptaan tidak sekuat dan sesempurna Penciptanya. Kelebihan yg manusia miliki semata-mata adalah pemberian Allah sebagai bukti kebesaran Allah dan kasih sayang Allah pada manusia.

Sehingga untuk mensyukurinya maka manusia harus menggunakan kelebihan2 tersebut di jalan-Nya. Pemikiran2 seperti itu yg akan terjadi jika manusia mengenal mengenal dirinya. Selebihnya dapat kak Ali kembangkan pemikirannya. Wallahu a'lam bish showab.."

Yaa Allah jawaban nissa begitu pas.. aku hanya bisa berterima kasih dan ingin terus belajar diapun memberiku semangat agar Allah mempermudah dalam belajar.

Wah.. kalo nggak salah dalam sistem pendidikan Islam (Tarbiyah) yg ada sekarang mungkin materi ini adalah materi yg sangat awal diperkenalkan yaitu Ma'rifatullah. Sebagai manusia yah ada baiknya minta nasehat kepada orang lain karena manusia nggak luput dari salh dan lupa :)
Wah senang banget kalo ada yg mau membimbing pria biasa ini... (^_^)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

 Blognya Indonesian Muslim BloggerE