Friday, January 27, 2006

Aku nggak tahu... Syareat, Hakekat, Ma'rifat ?

Aku mempunyai seorang kawan tapi kawanky bukan preman walau wajahnya mirip Nurdin M. Top. Ada sesuatu yg membuatku bingung saat dia menanyakan beberapa hal tentang surat yang biasa kita baca yaitu Al Fatehah. Dia menanyakan apa makna/hakekat dari 7 ayat tersebut. Dan aku hanya bisa menjawab dengan terjemahannya saja. Ketika solat aku berusaha membaca ayat tersebut dan berusaha untuk mengerti maknanya, tetapi akau belum mengerti. Ketika dia menanyakan tentang surat Iqra sebagai ayat yg pertama turun aku tak tahu. Jangankan maknanya, suratnyapun aku nggak hafal. Tetang pertanyaan yg muncul aku pun diam. Mengapa ayat pertama adalah perintah membaca? apa yg dibaca? dengan apa membaca? dan lain2...

Mempelajari Al Quran mengapa menjadi sulit.. ? dari bahasanya yg bukan bahasa bunda, belum lagi banyak kata2 kiasan dan apabila kita asal mengartikan walhasil kita yg jadi Edan bakan bisa dibilang sesat. Yahh aku kagum pada mereka, yang bisa mempunyai target lebih dalam beragama, ada yg les bahasa arab ada yg les membaca dengan tahsin dan lain2.. Terkadang waktu terlalu cepat dan diri cepat merasa tua untuk melakukan itu semua. Tetapi adakah kata terlambah untuk belajar dari syareat, hakekat dan ma'rifat?

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dia menanyakan apa makna/hakekat dari 7 ayat tersebut. Dan aku hanya bisa menjawab dengan terjemahannya saja. Ketika solat aku berusaha membaca ayat tersebut dan berusaha untuk mengerti maknanya, tetapi akau belum mengerti.

Ali, kalo kamu membaca buku Jeffry Lang "Even An Angel Ask", pada awal bukunya ada penjelasan (yg menurut aku bagus) mengenai makna Surat Al-Fatihah.

4:42 PM  
Blogger alitop said...

Terima kasih nihh..
btw boleh pinjam nggak?
Atau ada softcopynya :)

9:21 AM  

Post a Comment

<< Home

 Blognya Indonesian Muslim BloggerE