Monday, December 12, 2005

Semangat !!!



Aku baru menyadari hobiku ternyata adalah jalan2. Aku kadang merasa agak bosen jika harus di rumah. Seperti halnya hari minggu lalu. Planningku untuk hari minggu lalu adalah olah raga yaitu lari pagi dan juga mendengarkan MQ Aa gym di istiqlal.

Untuk lari pagi aku biasanya mempunyai 2 pilihan antara ke UI atau ke Ragunan. Kali ini aku memilih untuk pergi lari pagi ke ragunan. Setelah solat, minum teh, nyapu dan mandi aku akhirnya berangkat. Betapa segarnya udara pagi membuat nafasku segar. Aku sangat bersemangat untuk lari pagi karena ini adalah olahraga yg murah meriah dan lebih bebas. Dari Ragunan aku kembali berlari menuju sebuah tempat di Dekat Universitas Nasional di Pasar Minggu. Wah udah laper juga nih... sambil terus berlari aku mencari tukang bubur. Ternyata aku haus dan terlebih dahulu membeli minum di pinggir jalan.

Aku akhirnya menemukan tukang bubur tepat di depan sebuah kos putri. Disana aku berhenti untuk memakan bubur. Kosan putri itu begitu megah dan aman. Lihat saja pagarnya sampai 2 lapis dan kayaknya tamu nggak boleh masuk. Penjaga kos itu adalah seorang bapak tua yg menggunakan setengah seragam satpam. Dari 1 masalah ke masalah kami akhirnya membahasnya dari masalah ekonomi, politik, sosial dan lain2. Bubur yg aku makan pun habis tapi aku terus melanjutkan obrolan seruku dengan bapak itu. Bapak itu mungkin menyangka bahwa aku masih seorang mahasiswa. Tetapi aku sebenarnya sudah tidak kuliah di Universitas lagi.

Aku kini kuliah langsung dari kehidupan ini. Zaman telah banyak yang berubah dan sifat2 oerang pun banyak yg berubah. Dari masa ke masa zaman terus berganti dari penjajahan, kemerdekaan, orde lama, orde baru dan orde reformasi. Bapak ini sungguh matang dengan segala pengalaman hidupnya yg manis, asem, pahit dia berbagi cerita kepadaku. Setelah cukup lama ngobrol akhirnya aku melanjutkan perjalanan menuju jalan besar. Disana aku menghentikan sebuah mikrolet dan menuju pulang.

Sampe rumah lelah euy... istirahat tidur dulu deh... setelah lumayan enak aku bangun dan siap2 untuk berangkat ke istiqlal. Kereta yg kutunggu tidak kunjung tiba. Setelah cukup lama menanti akhirnya datang juga. Sambil santai aku menunggu saat tiba di Stasiun Juanda.

Ini sudah masuk waktu dzuhur aku bergegas salah di Istiqlal. Hari ini kok nggak terlalu ramai yah. Mhhh.. Acara MQ ini memang mayoritas disukai ibu2 dan juga diliput oleh SCTV. Alhamdulillah aku kali ini bisa ke shaf bagian depan dan bisa mengambil dokumentasi dengan baik. Topik kali ini adalah motivasi. Cara menjaga diri agar tetap semangat menurut Aa Gym adalah dengan rumus 3T:

1. Taubat

2. Taat

3. Tawakal diiringi dengan ikhtiar

Pada sesi tanya jawab melalui email ada sesuatu yg membuat aku tersenyum lebar. Ada sebuah email yg bertanya:

"Aa saya sudah 6 bulan putus dengan seseorang. Tetapi saya optimis dia akan kembali lagi.
Bagaimana menurut Aa, apakah saya termasuk orang yg optimis?"

Aa Gym hanya tersenyum dan menyarankan kepada si penanya agar menjadikan sarana Istikhoroh untuk mencari solusi. Aku menjadi teringat suatu lirik lagu Peterpan:
".... hingga saat kau tak kembali... kan kukenang... di hati saja..".

Acara MQ itu adalah yg terakhir untuk tahun ini, Aa Gym meminta pada jemaah agar diadoakan selamat dalam menjalankan tugasnya menjadi pembimbing haji. Dia juga berharap di tahun depan dapat terus mengisi ceramah walau dengan konsekuensi acara tersebut tidak lagi disiarkan oleh televisi. Mmmhhh biasanya ini masalah ini pasti berkaitan dengan duit neh...
Di sesi terakhir ada 2 orang mualaf yg bersyahadat untuk masuk Islam. Duh.. islamku apakah aku hanya sebatas agama di KTP?

Yaa. Allah berikanlah kekuatan agar aku istiqomah di jalan yang Engkau ridhoi. Amien.............

 Blognya Indonesian Muslim BloggerE