Friday, September 23, 2005

Kedewasaan... artinya apa sih?


Pertanyaan itu selalu datang menghantui fikiranku..
Apakah arti sebuah kedewasaan itu?
Mhhh apakah umur itu berbanding lurus dengan kedewasaan?
atau tidak sama sekali...???

Kedewasaan dapat timbul dari berbagai hal. Kedewasaan berfikir mungkin timbul karena
keinginan untuk terus menggali dalamnya samudera ilmu. Kedewasaan timbul dari kegagalan.. dari sebuah pengalaman gelap seseorang. mengapa harus yang gelap? Mungkin.. jika orang mempunyai pengalaman gelap maka akan berbekas dalam lubuk hatinya.. sedangkan jika pengalaman indah langsung hilang ditimpa pengalaman indah lainnya.. sungguh manusiawi...

Kalau masih suka main apakah itu tanda ketidakdewasaan? Main bola misalnya, atau main lainnya. Jika sering tersenyum apakah itu juga tanda ketidakdewasaan? Humoris dan mengajak orang tersenyum dari hari ke hari...

Lalu apakah kedewasaan itu identik dengan penerimaan? Penerimaan yang ikhlas atas kehendak-Nya dan juga menapaki suratan takdir-Nya? Yang aku tahu aku ingin menjadi lelaki yang dewasa.. seiring dengan proses yang mendera diriku.. aku ingin lebih baik lagi.. aku ingin berbuat lebih banyak lagi ... aku ingin... ****

Kedewasaan masih berupa misteri dalam hidupku.. tetapi mungkin kedewasaan telah menyatu dalam diriku tanpa kusadari.. :)

 Blognya Indonesian Muslim BloggerE